Kaca Air, Segar dan Romantis

Posted by Cheria Groups on 03 February 2008

Kaca Air, Segar dan Romantis

Kaca air bisa menjadi alternatif yang tepat dalam menata ruang di rumah Anda agar tampil berbeda. Tak seperti aksesori interior pada umumnya, kaca air dapat menciptakan kesan eksklusif karena aksesori tersebut masih jarang dipasang dalam hunian.

Kaca air memang belum akrab terdengar. Namun, Anda pasti sudah pernah melihatnya ketika berada di mal atau tempat komersial lainnya. Biasanya aksesori interior ini terdapat di restoran, salon, dan berbagai tempat umum yang sengaja dipasang untuk memperindah interior ruangannya.

Namun, kaca air ini tentu tak ada salahnya jika ada dalam sebuah hunian. Anda juga dapat memasang kaca air dalam ruangan di rumah Anda sendiri. Kaca air yang terdiri atas bahan material kaca dan unsur air justru memberikan efek dan kegunaan tersendiri sebagai penyegar dan penghias ruangan. Aksesori ruangan yang disebut kaca air atau tirai air ini merupakan salah satu varian hiasan dengan unsur air (water feature).

Kaca air ini dapat Anda pilih sebagai elemen interior. Bentuknya berupa air yang mengalir melewati permukaan melalui media berupa senar berbahan khusus yang dinamakan curtain lace. Dengan bentuk tersebut, kaca air memang terlihat seperti tirai dari air. Ukuran tebal senar tergantung dari tinggi kaca air. Tebalnya senar akan menentukan ketinggian kaca air. Jika terlalu tinggi, cukup memakai benang yang halus saja.

Anda tak perlu khawatir soal ini karena memang ada penyuplai khusus untuk mengerjakan curtain lace ini. Bahan material kaca dan unsur air yang menjadi bagian penting dari kaca air ini memiliki karakteristiknya tersendiri. Karakter kaca sebagai elemen interior mampu memberikan efek visual ruangan terlihat lebih luas karena transparan.

Adapun unsur air yang menjadi aksen kaca air memiliki karakter penting. Air mampu membuat ruangan di sekitarnya menjadi lebih hidup sekaligus tenang ketika mendengar suara gemericik air. "Secara psikologis, mendengar gemericik air akan membuat perasaan menjadi tenang," ujar desainer interior Dwo D Noviantoro.

Bila kedua elemen itu digabung, tentu saja akan menghasilkan efek yang spesial. Kesegaran alam dan kesan visual ruangan yang lapang sangat menguntungkan untuk membuat Anda merasa nyaman dan betah di rumah sendiri. Selain menjadi penghias ruangan, kaca air juga memiliki peran lain. "Kaca air yang terdiri atas kaca memang memiliki konsep pembatas ruang yang transparan. Karena itu orang bisa melihat ruangan di balik kaca itu," sebut Dwi dari Oranye Design.

Adapun kaca yang difungsikan sebagai pembatas ruangan (barrier) akan menciptakan trik visual dua ruangan yang dipisah tampak seperti menjadi satu. Walau banyak kelebihannya, aksesori interior ini tetap harus diperhatikan penataan dan pemeliharaannya.

"Terutama kelembapan udara, pompa yang digerakkan tenaga listrik, dan kebersihan area di sekitarnya," tutur Dwi. Kelembapan udara di ruang yang dipasang kaca air akan menjadi rendah kalau volume airnya sedikit. Besar kecil volumenya air juga dipengaruhi bidang kaca yang menjadi tempat aliran air. Kebersihan area sekitar kaca air jelas patut dipelihara karena akan memengaruhi keindahannya.

"Jangan sampai saat kaca air (water curtain) di posisi tidak nyala (off), air yang tidak mengalir akan menggenang dan menjadi sarang jentik nyamuk," kata desainer interior Rani Anggraeni dari Adaide. Selain menjaga kebersihan air, kaca aliran air juga harus tetap mengkilap. Caranya dengan rajin dilap dengan kain kering saat kaca air tidak nyala. Biasanya bercak-bercak air bekas aliran air akan menempel menjadi noda-noda tipis sehingga kaca tampak kusam. Nah bagaimana? Anda tertarik mengaplikasikannya di rumah? sumber: Okezone


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi
Judul: Kaca Air, Segar dan Romantis
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Cheria Groups

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

0 comments... Baca dulu, baru komentar

Google+ Badge

Google+ Followers