Membangun Rumah Sederhana Dari Papan

Posted by Narasih Driyanala on 06 February 2013

Membangun Rumah Sederhana Dari Papan


 Membangun Rumah Sederhana Dari Papan

Membangun rumah sederhana dari papan, mengapa tidak? Untuk memenuhi syarat tempat tinggal yang layak, rumah sederhana berdinding papan pun bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahkan, dengan sedikit polesan warna yang tepat, rumah sederhana dari papan ini bisa tampil menarik. Apalagi dengan desain yang unik, rumah sederhana dari papan bisa tampil eksentrik.


Membangun rumah sederhana yang menarik tentu tidak lepas dari perencanaan, baik rumah maupun halamannya. Rumah yang bagus akan hilang keindahannya jika halamannya ditumbuhi semak belukar atau taman yang semerawut. Nah, terkait dengan perencanaan membangun rumah sederhana dari papan yang eksotis, terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan.

•    Tips rumah sederhana dari papan #1: Merancang denah rumah
•    Tips rumah sederhana dari papan #2: Memilih jenis papan kayu
•    Tips rumah sederhana dari papan #4: Memilih warna cat yang sesuai
•    Tips rumah sederhana dari papan #5: Merancang halaman

Merancang denah rumah sederhana dari papan


bangun rumah sederhana, contoh denah rumah sederhana, desain rumah sederhana, Rumah Sederhana,

Meski sederhana, membangun rumah berbahan papan ini juga perlu memperhatikan beberapa pertimbangan. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu syarat kelayakan rumah dari  kebutuhan keluarga, sisi kesehatan, dan harga. 

Dari sisi kebutuhan keluarga, rumah sederhana setidaknya bisa memenuhi syarat agar anggota keluarga bisa beraktivitas dengan baik. Dalam hal ini, rumah sederhana bisa terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan MCK. Untuk pengembangan, perlu dipikirkan adanya teras untuk kepentingan bertamu yang tidak memerlukan waktu lama. 

Dari sisi kesehatan, perlu diperhitungkan banyaknya ventilasi sebagai jalan-keluar masuknya udara. Banyaknya bukan juga perlu diperhatikan agar kebutuhan terhadap sinar atau cahaya matahari terpenuhi.  Di samping itu, berapa jarak yang baik saat membangun kakus dan sumur.

Selanjutnya, perhitungkan semua kebutuhan tersebut dengan dana yang tersedia. Bagaimana pun, dana pembangunan rumah memegang peranan penting. Jika dana terbatas, kita bisa memulainya dengan denah yang paling memungkinkan. Jangan lupa untuk membuat konsep rumah tumbuh sehingga suatu saat kita tinggal menambahkan bangunan yang diperlukan tanpa harus membongkar bangunan lama. 

Memilih jenis kayu bahan papan untuk rumah sederhana
Semakin keras dan padat jenis kayu yang digunakan maka harga papan semakin mahal. Oleh sebab itu, pilih jenis papan kayu yang sesuai dengan anggaran. Konsekuensinya, kita harus siap dengan perawatannya di kemudian hari.

Memilih jenis dan warna cat untuk rumah sederhana
bangun rumah sederhana, contoh denah rumah sederhana, desain rumah sederhana, Rumah Sederhana,

Dengan pemilihan warna yang tepat, rumah sederhana dari papan akan terlihat eksentrik. Selain dilihat dari warna kesukaan penghuni rumah, pemilihan warna juga perlu disesuaikan dengan warna-warni obyek di sekitar rumah. Jangan sampai karena ingin terlihat berbeda dan mencolok, pemandangan rumah jadi terlihat serabutan karena pengaruh warna-warni bangunan atau tanaman di sekeliling rumah.

Mengingat dinding rumah yang terbuat dari kayu, tentu akan mudah terpengaruh oleh hujan dan panas terik matahari. Oleh sebab itu, pemilihan jenis cat juga ikut menentukan keawetan rumah.

Untuk kepentingan eksterior, jenis cat yang digunakan biasanya dari jenis cat minyak. Hal ini disebabkan karena minyak bersifat anti-air sehingga tidak mudah luntur jika terkena air hujan. Namun, untuk jenis papan atau kayu yang lunak dan berpori, penggunaan cat minyak kurang begitu disukai karena akan terserap oleh kayu. Cat minyak biasa digunakan untuk besi atau kayu keras.

Solusi yang sering digunakan dengan menggunakan kapur warna. Hanya saja, kapur mudah rontok terbawa air hujan. Oleh karena itu, pilih waktu pengapuran pada saat panas dan kapur kembali jika cat mulai terlihat luntur pada saat musim hujan.

Merancang halaman rumah sederhana

bangun rumah sederhana, contoh denah rumah sederhana, desain rumah sederhana, Rumah Sederhana,

Keberadaan halaman cukup berpengaruh terhadap eksistensi sebuah rumah. Seperti telah dituliskan sebelunya, rumah bagus jika halamannya berantakan bisa menurunkan nilai keindahannya. Nah, oleh sebab itu, kita perlu merancang halaman yang tepat untuk kebutuhan keluarga dan lingkungan kita.

Sederhananya, merancang desain rumah baru pada bagian halaman untuk rumah sederhana bisa disesuaikan dengan posisi dan kondisi sosial-kultural di sebuah daerah. Untuk lingkungan perumahan, setiap keluarga memiliki kapling tanah masing-masing. Pada lahan seperti ini, halaman bisa dimanfaatkan untuk membuat taman atau kebun untuk tempat keluarga bersantai. Adanya taman atau kebun indah yang terawat akan memperindah suasana rumah sederhana, meski terbuat dari papan sekalipun.

Kondisi berbeda di lingkungan padat penduduk dan terbuka. Ini biasa kita temui di lokasi perumahan di perkampungan. Di lokasi ini, lahan sekitar rumah biasa digunakan untuk tempat bermain anak-anak. Untuk hal ini, halaman yang bersih merupakan nilai tersendiri.

Nah, itulah tips membangun rumah sederhana dari papan. Setiap orang tentu memiliki pertimbangan yang sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dengan anggaran yang terbatas, kita juga bisa membuat rumah hunian yang sehat dan nyaman untuk keluarga.


Untuk anda yang ingin mewujudkan impian anda dalam membangun rumah sederhana ini, anda dapat menghubungi arsitek - anda yang terpercaya. Semoga impian anda dalam memiliki rumah impian tercapai semua secara maksimal,ya. Selamat membangun ! 


Membangun Rumah Sederhana Dari Papan

Judul: Membangun Rumah Sederhana Dari Papan
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Narasih Driyanala

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

0 comments... Baca dulu, baru komentar

Google+ Badge

Google+ Followers