12 Cara Kerja Arsitek yang Wajib Anda Tahu

Arsitek merupakan profesi teknik atau engineer yang melibatkan unsur seni dalam kerjanya. 
Sering sekali orang terkagum kagum dengan bangunan yang memiliki keindahan dan kemudian bertanya “siapa arsiteknya?”
Cuma Tahukah anda bagaimana cara kerja arsitek itu sesungguhnya?
Apa Aja tahapan yang dilakukanya?
Nah, untuk menjawab semua pertanyaan  itu mari simak baik baik artikel tentang 12 cara kerja arsitek yang wajib anda tahu
Kami sebagai praktisi profesi arsitek yang tergabung di Mata Group akan  menggali lebih dalam tentang apa yang arsitek lakukan dan membantu menjawab untuk Anda. Berikut dibawah ini adalah pemikiran dan hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum anda mempekerjakan  seorang arsitek untuk pembangunan rumah atau bangunan lainya.
Apa yang arsitek kerjakan?
Arsitek membuat perencanaan dan mendesain bangunan kemudian mengkoordinasikan semua elemen konstruksi seperti struktur dan mekanikal eletrikal. Rata rata wilayah di Indonesia mensyaratkan arsitek untuk bersertifikat yang memiliki jenjang pendidikan dan pengalaman khusus juga lulus ujian Standar Kompetensi Arsitektur (SKA) yang ketat.
SKA adalah syarat wajib dimiliki oleh seorang arsitek profesional, biasanya dikeluarkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan atau Pemerintah Daerah dan Badan Registrasi Nasional. Didalam SKA biasanya telah tercantum nomor anggota IAI dan Surat Izin Bekerja Perencana (SIBP) atau yang sekarang disebut Ijin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB).
SKA ini melekat pada perorangan atau individu arsitek masing masing jadi tidak pada badan atau perusahaan tempat dia bekerja.
 1. Informasikan Ide ide anda dalam proses desain.
Walaupun pekerjaan desain memang merupakan Scoop atau lingkup pekerjaan seorang arsitek, tetapi Anda sebagai pemilik bangunan juga harus bersikap terbuka tentang anggaran biaya dan Keinginan Anda sehingga semuanya akan  memberikan umpan balik secara jujur yang nantinya akan tertuang dalam sebuah produk desain arsitektur. Dalam salah satu materi seminar Nils Finne dari Finne Architects pada sebuah program “Cara Memilih dan Bekerja dengan Arsitek,” Finne menyebutkan bahwa klien yang ideal adalah “jujur, terbuka, fleksibel, realistis, dan tegas.” Bersikap Tranparant  pada ide-ide arsitek Anda dan membuat keputusan secara tepat waktu akan membantu  proyek Anda berjalan lebih lancar.

arsitek bangun rumah minimalis

2. Arsitek dapat melakukan Pengawasan proyek dari awal sampai akhir.
Jika Anda akan mengerjakan proyek cukup besar, apakah  itu renovasi rumah dengan item pekerjaan yang berat atau  mungkin membangun rumah  idaman Anda sendiri dari awal, yang pertama kali harus Anda hubungi tentunya adalah  jasa arsitek. Keahlian seorang arsitek yang memiliki keterampilan dan pelatihan tentunya dibutuhkan untuk menjamin proyek Anda berjalan lancar, dan  dia juga harus  dapat mengkoordinasikan pekerjaan juga seluruh tim desain dan  kontraktor Anda.
Arsitek memiliki peran penting dalam seluruh pekerjaan proyek, mulai dari penetapan  lokasi dan studi kelayakan melalui pengawasan konstruksi dan prosedur penyelesaian pembangunan. Pemilik rumah atau owner bangunan lainya dapat bernegosiasi mengenai batasan atau  cakupan  jasa yang mereka cari untuk proyek yang mereka tawarkan. Arsitek paling tidak memikul tanggung jawab dalam desain, dokumentasi, dan perizinan.

arsitek rumah scandianavian


3. Cari arsitek  Ke berbagai tempat.
Dengan Berkembangnya era teknologi informasi sekarang ini jangan membatasi pencarian tenaga profesional arsitek hanya di daerah Anda. Perluas pencarian   Anda melampaui batasan itu. Banyak jasa arsitek dan desain interior memajang karya mereka lewat web pribadi, majalah, koran, internet, dan lain lain. Jangan ragu untuk menghubungi mereka dan menanyakan apakah mereka bersedia mengambil pekerjaan di daerah Anda.
 Secara analisa memang akan lebih mahal memang jasa arsitek yang akan anda bayar tetapi jika anda memang fanatik terhadap desain dan tujuan akhir bangunan kami kira tentunya akan lebih puas nantinya.
Oh iya, tentunya kalau memang ada arsitek lokal yang cukup bagus menurut kami itu lebih baik, karena akan memudahkan anda dalam hal komunikasi. Selain itu profesional lokal tentunya lebbih memahami aturan yang berlaku disuatu tempat.

arsitek rumah minimalis dan interior

 4. Pribadi Arsitek  melakukan berbagai aktivitas yang berbeda.
Rata rata arsitek menghabiskan banyak waktu di meja kerja mereka.
Tapi tahukah kamu? Kalau  mereka juga sering pergi ke lapangan untuk mengawasi proyek yang sedang berjalan atau mencari peluang proyek diberbagai klien. Terkadang mereka mengadakan pertemuan dengan klien, kontraktor atau konsultan teknik sehingga tidak pernah ada rutinitas yang sama setiap harinya.
Aktivitas dan rutinitas arsitek ini kadang berpengaruh dalam desain rumah atau bangunan yang mereka buat. Semakin luas dan variatif aktivitasnya maka semakian dinamis juga desain yang mereka rancang. Hal ini terlepas dari bakat seni yang merupakan bawaan lahir dari seorang arsitek.

desain arsitek rumah minimalis

 5. Coba fahami Selera desain kami? Bertanyalah tentang siapa idola kami.
Coba anda tanyakan kepada arsitek yang anda pilih untuk mengerjakan proyek Anda tentang siapakah arsitek idola mereka yang mempengaruhi desain karyanya, atau yang mungkin mengilhami karya mereka. Jawababan  mereka akan menjelaskan banyak hal tentang style dan nuansa dalam  karya dan desain mereka nantinya.
Setelah anda tahu siapa arsitek idolanya coba deh browsing seperti apa bentuk desain arsitek idola mereka tadi, karena karakter bangunan biasanya ada disetiap desain rumah atau bangunan yang dibuat.
desain rumah minimalis 2 lantai arsitek jogja

 6. Desain Selaras Dengan Alam.
Arsitek merancang bangunan guna menjembatani dunia interior antara rumah dan dunia luar pribadi dan aman. Jadi cukup beralasan bahwa tidak peduli gaya yang arsitek gunakan untuk sebuah desain, alam akan  hampir selalu menjadi inspirasi.
Hubungan antara alam dan desain seorang arsitek bukan hanya dari desain bentuk tetapi juga penggunaan material bangunan dari sisi tampak rumah (exterior) maupun desain interior.

kolam renang rumah minimalis

7. Jasa desain mungkin bisa dikerjakan bahkan pada pekerjaan yang kecil
Owner lebih cenderung menyewa kontraktor atau pemborong dari pada arsitek untuk pekerjaan yang lebih kecil, tetapi menurut kami sebaiknya mereka mempertimbangkanya kembali.
arsitek desain interior rumah minimalis

Sebagian besar, seorang arsitek atau  insinyur bangunan diperlukan untuk pekerjaan apa pun, terlepas dari berapa pun besarnya nilai sebuah proyek, yang mempengaruhi struktur bangunan atau hal-hal terkait perizinan juga desain lainnya, seperti tangga, pagar, jendela, dan lain sebagainya. Maka karena itu, pemilik rumah perlu menyadari bahwa kebanyakan  kontraktor tidaklah memiliki kompetensi atau pelatihan dalam pekerjaan desain.
Berdasarkan hal tersebut, mau seberapa besar atau kecil pekerjaan itu, sangat penting untuk mempertimbangkan adanya seseorang yang berpengalaman untuk mengawasi pekerjaan itu dan memastikan bahwa rumah yang sedang dibangun itu sudah tepat dan sesuai dengan tujuan desain.
Sedangkan untuk item rumah lain, akan lebih baik bila owner juga menyewa interior Desainer atau arsitek untuk pekerjaan apa saja didalam rumah, sekali lagi abaikan skala pekerjaan  anda, karena karya seni arsitektur itu kadang tidak memandang biaya atau besar kecilnya pekerjaan

8. Tetapkan harga yang yang transparant didepan
Biaya jasa ada berbagai macam seperti Arsitek mematok biaya dalam berbagai cara: per jam, lump sum, prosentase dari biaya konstruksi (biasanya 2 sampai 5 persen), atau gabungan dari beberapa metode ini. Sebagian mereka juga memasukkan perkiraan awal dari total biaya untuk proyek tersebut. Biaya awal biasanya diperkirakan atas dasar per meter persegi bangunan. Tentu saja, biaya tersebut juga tergantung pada harga rata-rata di wilayah tempat bangunan atu lokasinya.
Jadi buat anda pemilik rumah tanyakan sejelas jelasnya didepan, sebelum pekerjaan desain dimulai agar tidak terjadi kesalahfahaman dibelakang hari.

harga interior rumah minimalis


9. Kami menerjemahkan kebutuhan Anda ke dalam struktur fungsional yang indah dan juga sesuai dengan lokasi.
Kamu sebaiknya berkonsultasi dengan arsitek apabila ingin memastikan kalau  bangunan anda memiliki nilai seni dan keindahan, utilitas yang baik dan hemat atau ekonomis. Arsitek dapat bekerja di berbagai lokasi yang sangat berbeda, bisa mendengarkan kebutuhan dan permintaan anda, dan menterjemahkanya dalam bentuk sebuah desain rumah atau bangunan yang sangat unik tentunya menyesuaikan dengan keinginan anda.
Maka karena itu, pilihlah arsitek berpengalaman sejak awal, dari pada mempercayakan proyek besar kepada seseorang abal abal tanpa keahlian desain atau  mencoba mengerjakannya sendiri untuk menghindari kekecewaan, kesalahan fatal dan juga menghemat uang.
Sering sekali karena faktor ingin ngirit akhirnya malah boros dibelakang hari dan akhirnya  mungkin anda harus menguras uang lebih banyak lagi untuk pekerjaan perbaikan dan bongkar pasang yang melelahkan.
arsitek rumah minimalis

10. Kami menemani sepanjang perjalanan.
Memutuskan untuk memilih arsitek seumpama  mengajak seseorang untuk mengarungi perjalanan panjang bersama Anda. Perlu adanya trust (kepercayaan), empati, kesamaan visi atau tujuan, komunikasi yang baik, dan saling menghormati.
Diawal tentunya modal paling besar adalah “kepercayaan” jika ini sudah ada maka perjalanan pembangunan akan lebih menyenangkan dan terasa mudah.
11. Pertahankan Rasa itu
Didalam perjalanan baik pada tahapan desain ataupun pembangunan terkadang terjadi gesekan, ketidaksamaan dan mungkin emosi, hal hal tersebutlah yang kadang kadang membuat pemilik atau arsitek merasa kurang nyaman, jadi jika anda mau menuruti nasehat kami, maka “dewasalah” berpikir lebih jernih dan kembalikan rasa untuk menuju satu titik tadi “rumah atau bangunan Impian”.
rasa dan hubungan jasa arsitek

Sekali anda tergelincir dengan perasaan, maka semua hal teknis yang sudah diperjuangkan akan menjadi sia sia. sorry gue suka banget sama gambar diatas..keknya gimana gitu

12. Review Pekerjaan Kami
Banyak orang dari berbagai macam profesi takut terhadap review jelek atau bintang rendah karena sesuatu dan lain hal. Sekali lagi jika kita memang menyadari bahwa tidak ada yang sempurna dimuka bumi ini, tentunya owner dapat memberikan review dengan bahasa santun dengan tujuan untuk membangun,
Atau untuk anda yang memiliki hati yang lebih lembut mungkin bisa menyampaikanya secara personal dalam suasana santai sambil ngopi atau sekedar bersendagurau.

Itu tadi “12 Cara Kerja Arsitek yang wajib anda tahu” , semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasi buat kita semua.

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar