Mengapa anda butuh Arsitek dalam membangun atau merenovasi rumah?

Hunian atau tempat tinggal bisa dikatakan menjadi kebutuhan wajib bagi setiap pribadi terutama yang sudah memiliki keluarga. Rumah sebagai tempat tinggal merupakan salah satu bukti akan kemapanan dan dalam kasus yang lain juga mencerminkan Kepribadian dari pemiliknya. Rumah tinggal juga merupakan salah satu investasi jangka panjang atau mungkin malah seumur hidup.  
Selain itu semua, rumah juga tempat beraktivitas berkumpul dan bersantai bagi keluarga. Sebuah tempat untuk beristirahat dengan nyaman setelah melakukan rutinitas  pekerjaan setiap harinya.
kenapa butuh arsitek di jogja
Ilustrasi Desain Arsitek
Salah satu efek yang terjadi apabila sebuah rumah tinggal keliru dikerjakan akan mengakibatkan cibiran dari orang lain, nilai jualnya down seiring waktu berjalan dan tidak bisa mendukung kegiatan anggota keluarga dengan baik yang sehingga mereka tidak merasa nyaman berada di dalamnya. Jadi sudah selayaknya dalam membangun sebuah rumah tinggal harus diawali dengan desain perencanaan yang matang. Dan poin inilah peran seorang arsitek menjadi sangat dibutuhkan.
So, Mengapa anda butuh Arsitek dalam membangun atau merenovasi rumah???
Seorang arsitek tentunya sudah mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam mendukung profesinya untuk mendesain sebuah bangunan dengan baik untuk bisa dihuni dan memenuhi syarat dari sisi struktur, fungsionalitas dan Seni Keindahan  serta mempunyai  kemampuan untuk memberikan pemecahan masalah atas permasalahan yang muncul dengan struktur, fungsi dan estetika bangunan pada tahap pembangunan rumah.
Arsitek juga bisa menganalisa anggaran biaya pembangunan rumah tinggal dengan mehitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai desain rumah yang dibuatnya. Sedangkanpada tahapan  pekerjaan pelaksanaan akan lebih tertata melalui penyusunan kurva S (Sebuah metode schedulling pekerjaan) yang dibuat berdasarkan bobot pekerjaan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) juga analisa urutan atau tahapan pekerjaan. Hal tersebut sangat  penting agar dalam  pelaksanaan pembangunan  rumah tinggal tidak terjadi pekerjaan yang terlambat dan pemborosan material karena salah di manajemen pelaksanaan.
Seni Arsitektur Bangunan atau bisa kita sebut dengan Estetika Bangunan adalah Hal penting yang harus bisa diwujudkan secara maksimal dalam proses pembuatan desain bangunan oleh seorang arsitek. Estetika merupakan cerminan nilai sebuah bangunan termasuk untuk rumah. Oleh Karena itu seorang arsitek dengan Keilmuan arsitektur yang dimilikinya dan pengalaman menangani bangunan memiliki Skill untuk mewujudkan sebuah bangunan dengan estetika terbaik. Dan jauh lebih penting lagi adalah ketika Model rumah atau bangunan yang diharapkan pada sebuah desain benar-benar bisa dikerjakan. Dengan alasan tersebutlah dibutuhkan seorang arsitek Profesional dalam menyusun draft gambar kerja rumah dan bangunan.
Terlepas dari model dan style bangunan yang anda sukai, apakah itu rumah minimalis, rumah modern, rumah klasik, rumah industrial atau apa saja, tentunya membutuhkan pengetahuan seorang desainer untuk mewujudkanya, karena tanpa pengetahuan yang cukup mungkin akan amburadul nanti jadinya.
desain rumah minimalis
contoh desain arsitektur rumah minimalis
Instink desain seorang arsitek juga diperlukan dalam menyusun konsep layout ruangan atau denah rumah tinggal juga terkait dengan desain taman dan halaman. Dia mengerti betul bahwa sirkulasi udara dan pencahayaan alami  merupakan hal penting untuk di desain dengan baik pada bangunan. Yang tidak kalah penting adalah gimana mengatur alur pergerakan penghuni rumah agar dapat baraktifitas dengan baik dan nyaman  dalam rumah mereka nantinya. Ketajaman Naluri desain seorang arsitek biasanya berkembang sejalan dengan jam terbang dan pengalamannya. Tentunya hal tersebutlah  yang membedakan antara arsitek satu dan lainnya. Serta hal itu akan membedakan juga seorang arsitek dengan orang orang  lain yang berbeda profesi.
Pengetahuan akan struktur bangunan juga merupakan kelebihan seorang arsitek. Jika  desain rumah  dirancang dengan baik maka dalam pekerjaan struktur bangunan akan memberikan jaminan keamanan bagi penghuni rumah. Terlebih lagi karena indonesia terletak pada daerah rawan gempa. Hal ini amat sangat penting karena terkait keselamatan nyawa penghuni rumah.
Banyak sekali klien kami di Jogja bercerita bahwa mereka menyesal membangun tanpa bantuan arsitek dengan tujuan untuk menghemat biaya.  Dan Setelah mereka berkonsultasi kepada kami untuk membangun rumah atau bangunan lainya ternyata kata mereka bahwa jasa arsitek itu lebih murah dibandingkan resiko dan pekerjaan bongkar pasang yang sudah terlanjur mereka lakukan.
Umumnya Biaya Jasa Arsitek Di Jogja hanya Berkisar antara 2- 4 persen dari Total Rencana Anggaran Biaya pembangunan rumah dan bangunan, Bahkan kalau mau dibatasi lagi pembayaran jasa arsitek juga ada dengan hitungan meterpersegi bangunan yang didesainya. Jadi sekarang sudah tahu kan yaa alasan kenapa kita harus memakai jasa arsitek?.

Baca Juga : 12 Cara Kerja Arsitek Yang Wajib Anda Tahu

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar