Tips Menata Rumah Minimalis Agar Selalu Rapi dan Tampak Luas

Tips Menata Rumah Minimalis Agar Selalu Rapi dan Tampak Luas


Rumah minimalis identik dengan rumah berukuran mungil dan sempit. Meski begitu, rumah minimalis termasuk tipe rumah yang banyak diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan rumah minimalis tak membutuhkan lahan yang luas dalam pembangunannya. 

Disamping itu, permasalahan ukuran rumah yang sempit bisa diatasi dengan menerapkan tips menata rumah minimalis yang baik. Cara menata rumah sederhana yang tepat bisa membuat rumah terasa luas, rapi, menarik, dan nyaman ditempati.


DESAIN RUMAH MINIMALIS
Contoh Desain rumah minimalis


Tips Menata Rumah Minimalis

Menata rumah minimalis seringkali menuntut kita untuk pintar dalam membagi fungsi ruang. Terlebih jika jumlah ruangan yang ada memang terbatas. 

Menata rumah minimalis pun cukup sulit dilakukan akibat banyaknya furniture. Kegiatan menata rumah minimalis dianggap menjadi hal yang menjengkelkan sebab rumah tidak kunjung rapi. 

Bagi anda yang mempunyai masalah dalam menata rumah minimalis, anda simak saja tips menata rumah mungil agar nyaman dan rapi berikut ini.


Pemilihan Cat

Apabila anda mempunyai rumah minimalis, hal yang harus anda lakukan pertama kali ialah memilih cat dinding yang tepat. Warna putih serta cerah mampu membuat ilusi luas dan sejuk pada ruang. Akan tetapi, anda juga harus mempertimbangkan mengenai penerangannya. 

Cat putih sangat sempurna untuk rumah minimalis apabila rumah dilengkapi dengan segi penerangan yang baik.

Sebaliknya, apabila penerangan rumah redup atau temaram, dinding putih mampu memantulkan bayangan yang membuat ruangan menjadi suram dan kotor. 

Tak hanya warna putih, anda sebenarnya juga bisa memanfaatkan warna lain seperti halnya krem atau pastel. Warna-warna ini bisa terlihat terang apabila terkena pantulan cahaya lampu.


Menata Furniture

Tips menata rumah minimalis lainnya ialah memperhatikan penataan furniture. Dalam hal ini, anda bisa sesuaikan dan tempatkan sofa yang akan anda pilih dengan ruangan di dalam rumah minimalis anda. 

Apabila anda memiliki ruang tamu ataupun ruang keluarga yang kecil, maka alangkah baiknya anda memilih model sofa untuk ruang tamu kecil dan sempit. 

Mengenai penataan meja di ruang tamu ataupun ruang keluarga anda, pilih saja meja yang agak memanjang. Dengan begitu, meja bisa diletakkan di tengah-tengah sofa.

Anda sebenarnya juga bisa menyiasati penataan rumah minimalis dengan menambahkan beberapa meja kecil pada sudut ruangan. 

Hanya saja, jangan menaruh terlalu banyak meja. Selain itu, tambahkan vas bunga tinggi ataupun guci untuk tampilan lebih menarik. 

Cara menata rumah agar rapi bisa dimulai dengan menempatkan sofa menempel pada tembok, menghindari meletakkan terlalu banyak kursi, menambahkan jok pada bagian atas kursi, dan memilih furniture yang senada dengan cat rumah minimalis.


INTERIOR RUMAH MINIMALIS FURNITURE DAN WARNA CAT
Contoh desain interior rumah minimalis


Simpan Barang di Tempatnya

Cara menata barang di rumah sempit akan menjadi lebih sulit saat sudah berserakan, khususnya barang berukuran kecil. Untuk mencegah hal tersebut, semua barang di rumah anda harus mempunyai tempat penyimpanan yang tetap. 

Tak hanya lebih rapi, anda juga tak akan kesulitan mencari saat membutuhkannya. Anda bisa sediakan laci atau wadah, bahkan kabinet khusus di tiap ruangan untuk barang mudah hilang seperti kunci, gunting, ataupun uang receh.

Furniture Minimalis dan Multifungsi

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas bisa anda lakukan dengan memilih furniture minimalis yang memiliki fungsi beragam. Untuk mendekorasi rumah minimalis, anda bisa menggunakan furniture bergaya minimalis pula. Furniture minimalis mempunyai model yang simpel dengan garis yang tegas. 

Furniture minimalis juga membuat tampilan rumah menjadi bersih dan rapi. 

Dengan begitu, rumah yang minimalis bisa terlihat lega. Adapun furniture minimalis dan multifungsi itu sendiri seperti halnya bangku yang mempunyai ruang penyimpanan di bawah bantalan sofa, tempat tidur yang dilengkapi dengan laci penyimpanan, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat rumah minimalis selalu terlihat rapi tanpa ada banyak barang yang berserakan.


interior rumah minimalis multifungsi
Contoh interior rumah minimalis multifungsi


Penambahan Cermin

Cermin terbukti mampu membuat ilusi luas pada ruang. Anda bisa tambahkan cermin besar di beberapa sudut ruang ataupun di belakang furniture sehingga rumah minimalis tampak luas. 

Cermin juga berperan penting sebagai pemantul cahaya. Cahaya yang dipantulkan oleh cermin bisa menciptakan cahaya alami yang menciptakan ruang tampak lebih terang.

Dalam menata rumah minimalis, untuk membedakan antara dua ruangan tanpa sekat, anda bisa menggunakan warna lantai ataupun karpet yang berbeda. Hal ini bisa diartikan sebagai pembatas secara sederhana. Anda pun bisa leluasa dalam menata rumah serta memadupadankan konsep antar ruangan. Dengan cara ini, secara keseluruhan, rumah minimalis anda terlihat memiliki konsep yang utuh serta jelas.

Memasang Wallpaper

Memasang wallpaper merupakan solusi jitu untuk menyiasati ruangan yang sempit. Dalam hal ini, pastikan anda menggunakan wallpaper yang memiliki motif kecil untuk dinding rumah. 

Ada banyak keuntungan yang dapat anda peroleh dengan memasang wallpaper pada rumah anda. 

Rumah anda tentunya tampak lebih rapi dan dinamis. Tampilan rumah juga terlihat semakin cantik dengan pemasangan wallpaper beraneka motif. Semua penghuni rumah minimalis anda pun akan merasa lebih nyaman.

Minimalisir Sekat

Tips menata rumah minimalis yang bisa anda ikuti lainnya ialah minimalisir sekat. Menyekat ruangan mungkin akan membuat fungsi ruangan menjadi lebih jelas. Akan tetapi, hal ini dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit sebab harus mengalokasikan ruang sebagai pembatas. 

Saat menata rumah, biarkan saja ruangan-ruangan terlihat mengalir sehingga pandangan menjadi lebih lapang. Anda bisa menghilangkan sekat ruang makan dengan dapur atau ruang keluarga dengan ruang makan.



Bukaan Besar

Ciptakan bukaan besar di sekitar rumah minimalis anda. Misalnya saja, anda membuat bukaan di sekeliling ruang keluarga yang arahnya langsung menghadap ke taman. 

Semakin banyak bukaan di dalam rumah minimalis, maka akan semakin baik. Tak hanya membuat sirkulasi udara lancar, bukaan besar juga menciptakan pandangan lebih luas. 

Rumah minimalis anda pun terkesan lebih luas. Banyaknya bukaan juga mampu menciptakan rumah minimalis menjadi tidak sumpek.

RUMAH MINIMALIS SEDERHANA DENGAN BUKAAN BESAR PADA PINTU DAN JENDELA
Contoh rumah minimalis dengan pintu kaca besar sebagai efek bukaan



Sirkulasi Udara

Meski anda menata rumah secara rapi dan menarik, namun belum sempurna apabila rumah minimalis masih terasa lembab. Dalam menata rumah minimalis, sirkulasi udara menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan Jangan sampai rumah minimalis anda kurang sehat. 

Pastikan anda membuka jendela setiap pagi supaya cahaya matahari serta pergantian udara bisa masuk ke dalam rumah. 

Perlu diketahui, jendela dan pintu geser yang dibuat dari kaca dapat diaplikasikan dalam menata rumah minimalis. Tak hanya memudahkan pencahayaan alami untuk leluasa menerobos ke dalam rumah, anda pun bisa memperoleh pemandangan luar yang luas.


Pemilihan Ornamen

Tips menata rumah minimalis yang satu ini bisa membuat ruangan terlihat eye-catching. Apabila anda mempunyai ornamen etnik yang menarik, anda bisa meletakkannya di dinding ataupun rak ruang tamu anda. Ornamen ini bisa membuat mata tak sempat melihat kecilnya ruangan.
Pastikan anda mencoba trik yang satu ini.

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar